28 November 2008

Refleksi Menuju Perubahan


Dalam buku yang cukup fenomenal CHANGE! Rhenald Kasali, PH.D mengungkapkan sepuluh karakteristik change - Perubahan. Kesepuluh karakter change tersebut menjadi petunjuk bagi kita akan pentingnya melihat kedalam, bahwa untuk berubah memerlukan daya upaya yang luar biasa, memerlukan kesadaran diri yang utuh.


Pertama, Ia begitu misterius.
Kedua, Perubahan memerlukan seorang tokoh pengubah
Ketiga, Tidak semua orang bisa diajak melihat perubahan
Keempat, Perubahan terjadi setiap saat
Kelima, Ada dua sisi dalam perubahan yakni sisi keras dan lembut
Keenam, Perubahan membutuhkan waktu, biaya dan kekuatan
Ketujuh, Dibutuhkan nilai-nilai khusus untuk menyentuh dasar
Kedelapan, Perubahan banyak diwarnai dengan mitos-mitos
Kesembilan, Perubahan menimbulkan ekspektasi yang bisa menimbulkan getaran dan harapan
Kesepuluh, Perubahan selalu menimbulkan ketakutan dan kepanikan.

Refleksi Perubahan:
Pertama: Refleksi dan tindakan - Perubahan suatu bangsa hanya bisa dilakukan jika mengubah diri sendiri dengan memegang prinsip-prinsip kehidupan.
Kedua: Lahir baru untuk perubahan - Jika ingin melihat hari-hari yang baru, lahir baru, dan menjadi pribadi yang baru, kita harus berani melakukan perubahan. Perubahan memang tidak mudah karena ada karakteristik yang harus disadari. Kabar baiknya tidak ada yang mustahil dalam hidup ini jika kita berhasrat besar.
Ketiga: Lakukanlah perubahan mulai dari hal kecil – Perubahan besar terjadi ketika kita melakukan perubahan-perubahan kecil dalam hidup, sesuatu yang kecil jika dikumpulkan akan menjadi besar. Sama halnya ketika kita menggumpulkan sebutir beras dan menamban terus butiran-butiran itu, lama kelamaan ia akan menjadi sebongkah gundukan besar yang kemudian dimasak dan dinikmati bersama.
Keempat: Abaikan suara miring dan cemoohan negatif – Dunia ini dipenuhi dengan opini-opini yang negatif dan perkataan miring tentang kehidupan tingkah laku manusia. Ketika kita melakukan sesuatu yang ganjil dimata orang lain, serta merta suara negatif akan mengiringi tindakan kita, pada akhirnya kita urung melakukannya dan tentu saja gagal total. Abaikanlah pendapat yang membuat kita tidak berubah, carilah saran kebijaksanaan dan dukungan moral sehingga kita lebih dikuatkan.

No comments: