23 January 2007

Menjual Diri. Ahhh ada-ada saja

Apa itu Menjual Diri?
Tadi sore (19-12-2006) saya berjalan dikoridor Plasa Ambarukmo, salah satu Mall Terbesar dan terbaru di Jogja. Saya masuk kedalam sebuah outlet penjualan pakaian dengan merek yang cukup terkenal. Seorang gadis SPG langsung menyambut saya dengan ramah.
Jujur saja gadis tsb memang cantik dan bisa membuat siapapun terpesona. Tapi bukan itu yang ingin saya maksudkan dalam tulisan kali ini.
Saya keliling melihat fashion yang didisplay. Dari model terbaru hingga yang udah cukup lawas. Harganya juga super mahal. Harga Satu baju ditempat itu bisa beli 5 baju ditempat lain dengan kualitas yang sama.
Gadis SPG tersebut mengikuti saya dari belakang. Ketika saya melihat satu pakaian yang menarik, dia langsung menjelaskan kelebihan pakaian tersebut.
Saya beralih ke fashion yang lain. Tetap saja SPG tadi mengikuti dari belakang. Pada hal, lagi-lagi saya tidak beli. Saya hanya melihat-lihat.
Dia terus menjelaskan kelebihan setiap pakaian yang saya lihat menarik. Ketika saya coba memegang pakaian tersebut dia tersenyum dan menawarkan dengan tawaran yang menarik sekali.
"Coba aja mas, nggak apa-apa kok" "Ini Baru lho" "Masnya cocok pakai yang warna ini" Dll... Kira-kira demikian tawaran menarik dari SPG ini.
Sebetulnya sih saya agak nggak enak hati untuk tidak membeli, karena udah ditawarin kaya gitu. SSTTT... Apa mau dikata, saya emang lagi nggak berencana beli baju walaupun waktu itu saya punya dana cukup.
SPG ini kelihatannya tidak terlalu mempermasalahkan apakah saya akan beli atau tidak, toh menjual bagi dia adalah menawarkan kepada konsumen apa yang terbaik bagi mereka.
Sampai saya selesai melihat-lihat, gadis tersebut tetap tersenyum manis. Luar biasanya, dia tidak merasa memiliki beban apa-apa dan mengharapkan konsumen untuk membeli. Sambil berlalu dan melihat kearahnya saya berkata "Kamu menjual dengan sangat baik".
Demikian Semoga bermanfaat.


Nistains Odop
Penulis Buku

GAGAL ITU BAIK
Multi Level Marketing Plus
Berbisnis Waralaba Murah
Dayak Berubah Atau mati

No comments: