02 February 2008

KEMENANGAN YANG HAKIKI

Apa sasaran kita? Akan saya jawab dengan satu kata: Kemenangan – kemenangan dengan segala cara, kemenangan terlepas dari segala teror. Kemenangan, seberapa lama serta beratpun jalan yang kita tempuh, tanpa kemenangan takkan ada keselamatan.

-Winston Churchill-

Apapun itu namanya kemenangan tetaplah kemenangan, namun sayangnya kemenangan kita cenderung membuat pihak lain kalah. Kita dengan segala kekuatan melawan dan mengalahkan orang lain sehingga pihak yang kalah menjadi antipati dan berusaha balas dendam. Kemenangn kita menjadi tidak semurni tetesan embun dan menjadi tidak terang seterang lilin.

Kemenangan yang hakiki adalah kemenangan yang membahagiakan, hasil dari perjuangan yang elegan tidak merugikan orang lain. Memang sulit untuk mengaplikasikannya dalam keseharian kita dimana hidup adalah sebuah kompetisi, namun bukanlah tidak mungkin meraih kemenangan yang membahagiakan. Sebuah pertandingan akan enak ditonton jika keduabelah tim sama-sama bermain secara profesional dengan mengutamakan integritas permainan. Penonton akan merasa tingginya adrenalin bukan dalam lingkup emosi ketakutan. Disinilah penerapan cara kita untuk bermain dengan baik dan terpuji diutamakan.

Banyak diantara kita yang ingin selalu memenangi kompetisi, penerapannya dalam hidup bukan saja dalam permainan olah raga melainkan dalam kehidupan sosial bahkan agama. Kita berlomba-lomba berusaha menang dengan segala cara termasuk membinasakan orang lain yang belumlah menjadi musuh kita. Ini memang tidak singkron tetapi itulah kenyataan yang sering terjadi.

Memenangi sebuah pertandingan hidup tanpa melukai pihak lain terkadang menjadi sesuatu yang tabu dan tidak masuk akal, namun jika kita percaya kita bisa bermain dengan cantik tanpa merugikan tim lawan, kita menjadi seorang pemain yang profesional. Menang tidak selalu dengan kekerasan, kita perlu menang tanpa sebuah teror, kemenangn yang membuat kita bahagia, kemenangan yang bisa berguna bagi orang lain tanpa mementingkan diri sendiri dan ego pribadi. Kemenangan memang memberikan keselamatan namun keselamatan yang mampu menyelamatkan hidup kita tanpa mengalahkan hidup orang lain itu lebih penting. Itulah makna kemenangan yang hakiki.

1 comment:

Darma said...

lam knl bang...aku anak sandai..mang di jogja jadi penulis pa penjaga buku ni..tp kayaknya sukes banget...