17 October 2007

Membuka Pintu Perubahan

Siapa yang menutup pintu wajib membukakannya kembali untuk meyambut mentari pagi. Siapa yang menutup pintu hati dan pikirannya akan tinggal selamanya dalam kegelapan.
Rhenald kasali
……………………....


Saat kita menghirup udara kita merasakan ada sebuah kesempatan hidup yang diberikan Sang Pencipta, saat kita melihat cahaya mentari pagi muncul diufuk timur kita sadar hari baru telah tiba. Kita membuka pintu rumah, melihat sekeliling, dan menyambut kehidupan dan hari baru tersebut. Anugerah kehidupan telah datang dan kita masih layak berada ditempat dan disaat dimana kita berdiri, ini adalah rahmat. Bagaimana kita sebaiknya memanfaatkan rahmat kehidupan tersebut? Bukalah hati dan pikiran kita untuk melihat segala berkat dan rahmat dari sang pencipta. Kehidupan, mentari pagi, kesempatan, peluang, kebahagiaan, kesedihan, perubahan, semuanya terbalut dalam satu rangkaian dan menjadi proses perjalanan dari hari kehari.
Janganlah menutup pintu hati dan menguncinya rapat-rapat, ingat bahwa kesempatan untuk berubah itu sama halnya dengan momen ketika kita bangun dipagi hari dan tetap menghirup udara. Kita membukakan pintu rumah dan melihat sinar surya memancar, kita sadar bahwa kita masih hidup dan bertahan sampai detik itu.
Barang siapa yang menutup pintu hatinya dia akan berjalan dalam kegelapan, walaupun diluar tampak begitu terang dia akan tetap berjalan dalam kegelapan tadi. Dia telah membatasi dirinya dengan membangun tembok tinggi dan tidak membiarkan tembok itu dirobohkan untuk diganti dengan tembok baru yang lebih indah dimasanya. Dia melepaskan kesempatan-kesempatan yang ada dengan menutup mata pada apa yang terjadi disekelilingnya dan membiarkan dirinya seperti itu.
Perubahan adalah sesuatu yang terjadi setiap saat dan ada disekeliling kita, apakah kita membuka pintu hati untuk melihatnya dan turut serta dalam perubahan itu? Jawablah untuk renungan kita hari ini. Saya harap kita tidak membangun tembok tinggi sehingga cahaya matahari masih tetap nampak indah dan kita tahu ada perubahan dalam pergerakan dunia ini.

1 comment:

mataindonesiaku said...

sekiranya ada banyak pintu perubahan mengapa kita tidak berubah juga? Retorika yang aneh namun beterbangan adanya. Salam super Dahsyat!!!