12 October 2007

Mengubah Prespektif




Don’t wait til tomorrow what you can do today


Untuk berubah total seseorang perlu mengubah perspektif mereka, bukan masalah-masalah yang menimpa. Ketika konsentrasi tertuju pada banyaknya persoalan dan bukan pemecahan, pencarian jalan keluar biasanya menemui jalan buntu.

Angin perubahan terjadi bila kita cermati apa yang dilakukan orang-orang yang mampu mengatasi setiap persoalan hidup mereka, mulai dari persoalan yang ringan hingga yang terberat. Mereka mulai memfokuskan pada change DNA, yakni unsur pembawa sifat berbentuk molekul yang menyimpan informasi tentang gen seseorang menuju sebuah perubahan. Informasi yang ada di DNA yang mencatat kode-kode perubahan ini disimpan dalam bentuk sandi berupa kode genetik. Mereka sangat yakin bahwa untuk berubah mereka memerlukan pemikiran untuk menata DNA dengan baik sehingga perintah-perintah berupa sandi perubahan tersampaikan dan terdorong keluar sehingga ada output yang menciptakan perubahan dalam diri mereka.
Penelitian yang pernah dilakukan oleh salah satu perusahaan konsultan terkemuka Booz/Allen/Hamilton antara Desember 2003 dan November 2005 yang melibatkan responden sebanyak 30.000 dan mewakili 23 industri di 100 negara merupakan salah satu penelitian yang memfokuskan pada isu DNA untuk mengukur tingkat kesehatan dari setiap perusahaan. Hal ini justru memperlihatkan arah kecenderungan dan keyakinan yang semakin mengental di kalangan para konsultan bisnis dan praktisi terhadap peran dan pengaruh dari DNA organisasi dan individu terhadap perubahan.
Dalam kasus yang sering kita hadapi, DNA bisa membantu perubahan dan jalan keluar ketika kita memerintahkan kode generik untuk mencari persoalan pribadi dan mengeluarkannya dengan sebuah solusi yang terbaik. Persoalan yang sering terjadi adalah, kita sering ambigu dalam menentukan persoalan mana yang harus diprioritaskan untuk diselesaikan dengan segera. Ketika kebingungan itu merajalela bukan penyelesaian masalah yang kita dapatkan, melainkan sebuah perintah yang membuat kita tidak yakin akan penyelesaian persoalan tadi. Cara untuk mensiasatinya adalah dengan menekan tombol penyelesaian masalah pada DNA kita, dengan hasrat yang kuat dan pikiran yang positif, DNA tadi akan mengeluarkan perintah dan membantu mencarikan jalan keluar yang terbaik, saat itulah aura perubahan terjadi.

No comments: